Home / Buletin Militer / KONSEP PERPUSTAKAAN MADITZIAD UNTUK MENARIKPERSONILKE RUANGAN PERPUSTAKAAN

KONSEP PERPUSTAKAAN MADITZIAD UNTUK MENARIKPERSONILKE RUANGAN PERPUSTAKAAN

Salah satu keberhasilan pembinaan satuan adalah sumberdaya personilnya yang profesional bisa mengikuti perkembangan tekhnologi sesuai dengan tugas pokok satuan, kondisi pangkalan yang teratur rapi dalam pengertian kondisi bangunan modern sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan pada saat ini. Pangkalan yang tertata rapi sesuai dengan site plan yang ada mempunyai beberapa gedung sesuai dengan orgas yang ada, salah satunya bangunan perpustakaan yang diperlukan oleh satuan sebagai pusat data berisi berbagai macam buku diantaranya adalah sejarah satuan,  petunjuk teknis fungsi zeni,  protap satuan, program anggaran satuan, laporan evaluasi kegiatan anggaran, berbagai macam laporan dari tiap subdit seperti asnis ke kotama, litbang, tekhnologi ilmu pengetahuan, karya tulis, majalah militer, varia zeni dan sebagainya. Intinya perpustakaan merupakan pusat data satuan baik dalam bentuk hard copi maupun soft copi.

            Pengertian perpustakaan berdasarkan dari para ahli perpustakaan dapat di uraikan seperti dibawah  ini :

  1. Radom House. Dalam bukunya Dictionary of The EnglishLanguage, Perpustakaan adalah suatu tempat, berupa sebuah ruangan atau gedung yang berisi buku dan bahan lain untuk bacaan, studi, ataupun rujukan.
  2. Ensiklopedia Britannica. Bahwa sebuah perpustakaan adalah himpunan bahan – bahan tertulis atau tercetak yang diatur dan diorganisir untuk tujuan studi dan penelitian atau pembacaan umum atau kedua-duannya.
  3. UU NO 43, Tahun 2007 Pasal 1.  Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, informasi dan rekriasi para pemustaka.

            Seperti kita ketahui bersama minat baca penduduk Indonesia masih rendah, bila di bandingkan dengan negara Asean dan Asia, kita termasuk yang terendah dikarenakan kulture dan sifat manusianya sendiri, termasuk diantaranya personil Ditziad.

            Untuk menarik minat pembaca ke Perpustakaan ada beberapa strategi dan inovasi yang harus dilaksanakan :

  1. Keadaan gedung perpustakaan. Saat ini perpustakaan Maditziad berada di lantai 2 di atas kantor Subditbindiklat secara efisensi kurang pas berada dilantai 2 karena orang biasanya mempunyai sifat malas apabila ke gedung lantai dua yang harus menaiki tangga. Kondisi ruangan perpustakaan kurang tertata dengan baik terkesan kumuh. Di sarankan pembangunan gedung baru dua lantai di UD dimana lantai bawah untuk perpustakaan dan lantai atas untuk kantor UD dimana saat ini kantor UD kurang memenuhi syarat sebagai kantor staf dikarenakan bangunan lama.
  2. Titik kumpul/Pusat aktivitas. Selama ini pusat aktivitas sekitar kantor UD digunakan untuk apel pagi olah raga yang berada di depan gedung serta tempat berkumpul setelah melaksanakan olah raga. Sehingga diharapkan personil Maditziad bisa memasuki ruangan perpustakaan untuk mencari data-data untuk mendukung pekerjaan sehari-hari maupun untuk membaca berita surat kabar.

            Untuk Apel Pamen juga bisa dimanfaatkan di ruang perpustakaan karena ruang perpustakaan di rancang untuk rapat kecil sebagai komunikasi dari perwira atau personil yang lainnya sehingga personil bisa memasuki ruangan perpustakaan sambil mencari informasi maupun data yang diperlukan.

  1. Fasilitas Layanan yang nyaman. Penempatan layout tata ruang tamu, meja rapat, rak buku yang modern, AC yang sejuk, lampu/pencahayaan, pantri, kamar kecil, penggunaan komputer (untuk mencari buku di dalam perpustakaan) sehingga membuat pembaca betah berada di ruangan perpustakaan.
  2. Referensi buku yang lengkap. Perpustakaan sebagai pusat informasi data sebaiknya berisi buku tentang kedinasan (Sejarah Ditziad, Bujuk fungsi Zeni dll), Ilmu pengetahuan umum, akademis yang terkait dengan fungsi zeni, koran, majalah dll.

Pintu Masuk Perpustakaan

Kondisi Dalam Perpustakaan

Kondisi Dalam Perpustakaan

Konsep Gedung Perpustakaan di Lantai 1 dan kantor UD lantai 2

Konsep tampak Depan Perpustakaan  di Lantai 1 tempat pusat aktivitas

Ruang baca Perpustakaan

Ruang rapat dan baca Perpustakaan

About admin

Check Also

SEJARAH SINGKAT PEMBINAAN NUBIKA ANGKATAN DARAT