Home / Buletin Militer / LITBANG RENCANA KENDARAAN REVERSE OSMOSIS UNTUK PASUKAN ZENI

LITBANG RENCANA KENDARAAN REVERSE OSMOSIS UNTUK PASUKAN ZENI

Satuan Zeni harus dapat  melaksanakan   tugas memberikan bantuan dalam rangka mendukung  operasi  militer  baik  operasi  militer  perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).   Membantu masyarakat disekitarnya maupun untuk tugas kemanusiaan disamping untuk memenuhi kelangsungan hidupnya sendiri.

Saat ini kondisi alutsista untuk TNI AD sudah mengalami kemajuan dihadapkan dengan TOP DSPP, kondisi geografi, ancaman yang timbul, kebutuhan alutsista dalam MEF, Mekanisasi dengan kecepatan maupun doktrin dalam suatu operasi serangan pertahanan :

  1. Kaveleri, Tank Leopard 2 RI kecepatan 68 km/jam.
  2. Armed, MLRS Astros kecepatan 90 km/jam
  3. Inf, Ran Mekanis M113 kecepatan 66 km/jam
  4. Arhanud, Rudal Star Streak kecepatan 135 km/jam.

Bagaimana dengan Pasukan Zeni dengan kemampuan memperlancar pasukan sendiri, menghambat gerakan musuh dan memelihara kelangsungan hidup dengan fungsi zeninya. Tentunya ini memerlukan pemikiran bersama dan beberapa gagasan yang bisa membuat alutsista Zeni bisa menyesuikan kecabangan yang lainnya bila ditampilkan dalam operasi gabungan yang melibatkan alutsista.

Saat ini Alutsista Zeni  :

  1. Jembatan Bailley dan Acrow.
  2. Mgb
  3. Bozena 4 , kecepatan sekitar 20 km/jam.
  4. Amphibious Phonton kecepatan sekitar 80 km/jam.

Kalau dihadapkan dalam suatu operasi gabungan yang bisa di andalkan adalah Amphious Ponton apabila ditemukan rintangan sungai yang gerakannya cepat menyesuaikan dengan skenario latihan untuk dilalui oleh pasukan Infanteri mekanis, Kaveleri, Armed.

Diperlukan ide, penelitian dan beberapa kajian pengadaan alutsista yang sangat diperlukan untuk mendukung gerakan dalam suatu operasi :

  1. Kendaraan Mekanis untuk angkut personil satu regu yang dilengkapi dengan peralatan penjernih air dan listrik.
  2. Kendaraan Mekanis personil yang dilengkapi peralatan perusakan, samaran.
  3. Kendaraan Mekanis personil yang dilengkapi alat penyelidikan zeni.
  4. Kendaraan Alat Berat Zeni yang kecepatan standar yg dilengkapi untuk pekerjaan pertahanan yang dilengkapi dengan backhoe, loader.
  5. Dan lain-lain.

Sebetulnya Pasukan Militer dinegara maju seperti Amerika, Inggris, Francis, Brazil dll sudah mempunyai kendaraan mekanis angkut personil yang dilengkapi dengan perlengkapannya, tentunya diperlukan kajian, uji coba, kerjasama militer antara negara dan anggaran yang cukup.

            Penulis Dalam hal ini mencoba membuat artikel tentang Kendaraan penjernih air Reverse Osmosis yang mobile  yang bisa digunakan untuk daerah yang kesulitan air bersih dikarenan sumbernya terbatas seperti air laut, payau, air kotor/keruh yang bisa langsung di ubah menjadi air yang siap konsumsi.

            Di beberapa wilayah kepulauan Indonesia kadangkala tidak ditemukan sumber air bersih baik berupa sungai, danau, air tanah maupun air yang berasal dari gunung. Hal ini disebabkan kondisi geografis yang jauh dari sungai ataupun kondisi tanahnya yang mengandung humus sehingga air nya berwarna kuning dan tidak layak untuk di konsumsi baik untuk keperluan dapur maupun mencuci.

           Atau kondisi daerah tersebut berada dikepulauan sehingga sulit ditemukan air tawar. Atau keperluan kebutuhan air yang diperlukan oleh prajurit, masyarakat pada saat pasca bencana alam lumpur maupun pada saat banjir bandang.

            Penjernihan Air secara cepat dan higienis seperti uraian diatas (air laut, payau,kotor) dapat dilaksanakan dengan cara water treatment yang dikenal dengan Reverse Osmosis (RO).

Pengertian Reverse Osmosis (RO) atau Osmosis Terbalik

Reverse Osmosis merupakan kebalikan dari Osmosis, dimana osmosis adalah proses alami ketika dua cairan dengan konsentrasi yang berbeda dipisahkan oleh sebuah membran semipermiabel, maka cairan memiliki kecenderungan untuk bergerak dari konsetrasi rendah ke zat terlarut dengan konsentrasi tinggi untuk keseimbangan  potensial kimia.  Sedangkan “Reverse Osmosis” adalah proses memaksa pelarut dari daerah konsentrasi zat terlarut tinggi melaui membrane semipermiabel ke daerah konsentrasi zat terlarut rendah dengan menerapkan  tekanan melebihi tekanan osmotik.
Jadi “pengolahan air dengan Reverse Osmosis (RO) atau Osmosis Terbalik adalah suatu sistem pengolahan air dari air yang mempunyai konsentrasi tinggi melalui membran semipermiabel menjadi air yang mempunyai konsentrasi rendah (encer) dikarenakan adanya tekanan osmosis“.

Reverse Osmosis ini merupakan metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi (lapisan penyaring). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion.

Hingga kini pengolahan air dengan mengunakan teknologi membran Reverse Osmosis (RO) atau Osmosis Terbalik ini telah banyak digunakan diantaranya adalah :

– Pengolahan air asin (air payau) atau air laut menjadi air tawar yang dinamakan desalinasi, yang dapat menghasilkan air bersih bahkan air minum, Dimana air bebas dari bakteri.

– Pemurnian Air Minum:  Reverse Osmosis (RO) sudah banyak digunakan di seluruh dunia untuk pemurnian (filter) air kotor menjadi air bersih (air minum) untuk keperluan sehari-hari .

Selama ini teknologi penjernihan air yang umum dikenal sejak lama antara lain adalah : Disinfektansi (dimasak, Chlorinisasi, Ozonisasi, Sinar Ultra Violet), Destilasi, Mikrofiltrasi, dan Filterisasi (Activated Alumina, Activated Carbon, Anion & Cation Exchange).

Metoda Reverse Osmosis (RO) dikembangkan sejak tahun 1950an dalam rangka mencari metoda yang ekonomis untuk desalinasi air laut. Metoda ini yang juga dikenal sebagai “hyperfiltration”  ini kemudian terus dikembangkan untuk membuang hampir semua kontaminan dari air yang akan diolah.

Sistem Pengolahan Air Berdasarkan Kadar Salinitas

Alur Proses Reverse Osmosis (RO)

Alur Proses Reverse Osmosis (RO)

Alur Proses Reverse Osmosis (RO)

                                         Mobil Reverse Osmosis (RO)

 

About admin

Check Also

BANTUAN ZENI TO LOMBOK

VIDEO DOKUMETASI SATGAS GEMPA LOMBOK 2018