Home / Buletin Militer / UPACARA PERINGATAN HUT RI ke-73

UPACARA PERINGATAN HUT RI ke-73

 

Pada tanggal 17 Agustus 2018 di lapangan upacara Maditziad telah dilaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan    ke-73 Republik Indonesia dengan inspektur upacara Dirziad Brigjen TNI M.Munib. Upacara yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan momen istimewa yang membawa kita kembali flash back pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan yang telah berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan serta memperingati secara hidmat hari kemerdekaannya. Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 berlangsung ditengah kekacauan akibat adanya kekosongan kekuasaan (Vacum of Power) dimana proses penyerahan tanpa syarat penjajah Jepang kepada Sekutu belum secara tuntas diselenggarakan sehingga sekelompok pemuda mengambil inisiatif mendesak Soekarno-Hatta segera mendeklarasikan kemerdekaan dari penjajah.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia mengambil tema “ Kerja Kita, Prestasi Bangsa “, sehingga diharapkan semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk berprestasi dapat diaplikasikan ke seluruh prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari melalui peningkatan kinerja dan profesionalismenya. Tentunya prestasi kerja tersebut hanya bisa dicapai dengan disiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan keikhlasan serta tetap semangat.

Pointer dalam amanatnya Kasad yang dibacakan oleh Dirziad antara lain adalah :

  1. Setelah 73 tahun kemerdekaan Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai kemajuan di bidang ilpengtek sosbud hankam yang disegani di dunia, sebagai anggota G-20 dan anggota tetap beberapa organisasi Internasional berperan aktif dalam konflik Asia Tenggara dan dunia serta meningkatkan kerja sama Internasional.
  2. TNI AD selalu terdepan dalam upaya mitigasi bencana dan bergerak cepat dalam mengatasi konflik, separatisme dan terorisme bersama Polri.
  3. TNI AD juga turut dalam pengawasan dan membantu pembangunan kawasan perbatasan bekerja sama dengan institusi pemerintah lainnya serta berperan dalam misi pemelihara perdamaian PBB.
  4. Berbagai masalah dan tantangan yang masih menjadi pekerjaan rumah diantaranya tingkat pelanggaran dikalangan prajurit dan PNS masih cukup tinggi sehingga binpers personil terus ditingkatkan.
  5. Perencanaan bidang logistik belum sinkron dengan kebutuhan nyata dilapangan dan perlu dibenahi sistem kerja.
  6. Binsat menunjukkan hasil yang diharapkan dengan meningkatnya kemampuan jasmani dan menembak prajurit, kebutuhan orgas dan latihan secara umum berhasil dalam rangka kemantapan dan kesiapsiagaan satuan.
  7. Mendukung pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan Asian Games.

 

Laporan Daunup kepada Irup

Pengibaran bendera Merah Putih

Pembacaan amanat oleh Dirziad

Dirziad poto bersama dengan perwira staf setelah upacara selesai

Pintu Gerbang Utama Maditziad

Pintu Gerbang Utama Maditziad

Gedung Utama GPH Djati Kusumo Maditziad

Gedung Utama GPH Djati Kusumo dan Graha Zeni Maditziad

About admin

Check Also

BANTUAN ZENI TO LOMBOK

VIDEO DOKUMETASI SATGAS GEMPA LOMBOK 2018